Menulis, Menulis dan Menulis



Menulis adalah aktivitas yang kita hadapi sehari-hari. Apalagi jika kita sebagai pelajar dari sejak TK hingga Perguruan Tinggi bahkan setelah bekerja aktivitas menulis selalu dilakukan. Menulis membutuhkan kerja sama antara otak dan anggota tubuh yang lain.

Pada dasarnya  manusia mempunyai dua belahan otak yang digunakan untuk membuat tulisan, yaitu menggunakan otak kiri dan otak kanan. Otak kiri mempunyai kekuatan intelektual yang disiplin, fokus, logis, kritis, cerdas, dan cermat berbahasa. Sedangkan otak kanan mempunyai kekuatan emosional yang menyenangkan, menggemparkan, intuitif, imaginatif, spontan, dan naif. Tentu kita dapat menggunakan kedua belahan otak kita untuk membuat sebuah tulisan yang optimal hasilnya.

Menulis itu sebenarnya mudah, apalgi kalau kita sudah terlatih dalam menulis.

Banyak hal yang menghambat kita dalam menulis, apalagi kita sebagai penulis pemula. Diantaranya adalah sebagai berikut :

 1. Bingung mulai dari mana.
Terkadang kita mempunyai ide-ide yang bertebaran di pikiran kita, akan tetapi bingung bagaimana caranya menuangkan ide-ide tersebut dengan baik.

2. Tidak mau berlatih setiap hari.
Seharusnya agar kita lancar dalam menuangkan ide, harus berlatih setiap hari menulis. Menulis saja tanpa banyak berpikir macam-macam.

3. Kurang membaca.
Menulis berhubungan erat dengan membaca. Dengan banyak membaca maka kita akan mempunyai banyak referensi kata-kata indah.

4. Harus meluangkan waktu untuk menulis.
Luangkan waktu untuk menulis jangan menulis di waktu luang.

5. Tidak ada Semangat menulis.
Tidak ada yang memotivasi, seharusnya ikutan komunitas menulis agar tetap mendapatkan semangat dan energi positif dari anggota yang lain.

6. Tidak punya pembimbing.
Bagi penulis pemula seharusnya mempunyai mentor agar tulisan yang dihasilkan lebih optimal hasilnya.

Hal diatas adalah beberapa hambatan bagi penulis pemula.

Jadi, menulis itu mudah cuma banyak hambatan yang harus dihadapi.



Source pict :

https://images.app.goo.gl/7N4Krs7REuwZJvR47






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Bisa Meninggal Husnul Khotimah (Akhir yang Baik)

KISAH KYAI DAN PELACUR

LIMA AYAT MOTIVATOR